Sejarah Desa kalipuru


Pemerntahan Desa Kalipuru di mulai pada tahun 1800 di bawah kepimimpinan seorang lurah (penatus) yang bernama SINGO DRONO,beliolah yang menggagas nama Desa Kalipuru di karenakan di sebelah timur ada sungai kecil yang membujur ke arah selatan kebetulan di dasar sungai ada tanah berwarna putih dan lunak lantas ada ide/pendapat untuk di jadikan sebuah nama Desa kalipuru sampai sekarang.setelah beliau mendirikan Desa lambat laun mengadakan selamatan Desa untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan antara satu sama lain.dengan mengadakan pertunjukan kesenian tayub di artikan tatanan guyup  selain itu warga membuat selamatan yang di ujudkan tumpeng dan ingkung maka sampai sekarang masih di lestarikan.

Dan di periode berikutnya kepemimpinan puncak SINGO REJO di mulai pada tahun 1818 beliau selain melanjutkan dan melestarikan apa yang menjadi pendapat pimpinan sebelumnya, beliau membangun program jalan setapak yang menghubungkan desa kalipuru dan desa rejosari.

            Selanjutnya kepemimpinan desa Kalipuru di jabat oleh MERTO DONGSO tahun 1819 sampai tahun 1821 dan beliau membangun jalan setapak menuju Desa Ngalian tapiu program belum selesai beliau sudah meninggal,lantas kepemimpinan Desa kalipuru di pegangoleh Bapak Wongso dimejo mulai tahun 1921-1846 be;liau melaksanakan adat Desa beliu mampu mengadakan pembangunan diantaranya ,saluran air, saluran sungai sidandang,saluran sijambu,saluran krajan,demi untukpeningkatan kesejahteraan rakyat dibidang perekonomian pada waktu itu,

Puncak kepemimpinan lurah yang kelima ,dibawah kepemimpinan H.PARTO SENJOYO dari Th 1946 sampai 1981 banyak progam pembangunan yang dilaksanakan diantara pembangunan saluran irigasi didusun Krajan pada Th 1954.pelebaran jalanantar desa Kalipuru ke Rejosari .jembatan kali kodel.jembatan kali kodel.jembatan tempuran. Jembatan kali gambir.jembatan kali genggong .didanai dari Bandes dan swadaya.

Puncak kepemimpinan lurah yang ke 6dibawah kepemimpinan H.PARTO SUDARMO .dengan progam pembangunan membuat bale desa .jembatan,rolak jalan.antar desa.antar dukuhan.

Puncak kepemimpinan kepala desa yang ke 7 dibawah kepemimpinan PRIYO ATMOJO.pembangunan jebatan Karanganyar.pelebaran jalan Kalipuru menuju wuwuharjo untuk memperlancar perekonomian pedesaan.air bersih dusun Karanganyar.gapuro batas desa. Aspal jalan.

Puncak kepemimpinan kepala desa yang ke 8 dibawah kepemimpinan prawoto  dengan mewujudkan pembangunan air bersih dusun Tegalsari  Karangsari .Krajan

Puncak kepemimpinan Kepala Desa yang ke 9 Th 2006 sampai 2018 dibawah pimpinan TRIYANTO mewujudkan pembangunan diantranya senderan sepanjang jalan Kalipuru. aspal jalan Karanganyar Kalipuru. Kalipuru genting. Genting  Tegalsari. jembatan krajan.jembatan sigalok.Balai Desa.betonisasi jalan makam.betonisasi antar dukuh.dan sapai saat ini masih dilanjutkan dan masih banyak pembangunan yang lain yang sudah dibangun.  


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 0857273221995
Email:  ds.kalipuru@gmail.com
Website: https://kalipuru-kepil.wonosobokab.go.id

Desa Kalipuru